Monday, October 10, 2016

Bencana Oh Bencana...Waspadalah..!!



Rekomendasi saat ini hanya satu kata Waspadaaa...!! dan Waspadalah sebab hanya kewaspadaan yang akan memberikan keselamatan setidaknya akan melakukan upaya-upaya menghindar saat benar-benar bencana melanda.

Ini memang tahun bencana secara nasional bahkan mungkin internasional dan menjadi bulan-bulan bencana bagi Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya serta menjadi pekan-pekan bencana bagi sejumlah daerah dibelahan Priangan Timur Jawa Barat.

Dimulai dari Bencana Banjir Bandang di Kabupaten Garut berbarengan dengan bencana longsor di Kabupaten Sumedang terus berurutan sejumlah daerah lainnya mengikuti menjadi daerah terkena bencana meski skalanya memang berbeda-beda, mulai skala ringan sedang dan berat.

Sebenarnya dalam bencana tidak mengenal ringan sedang dan berat karena takarannya adalah setiap bencana selalu meninggalkan kerugian baik kerugian fisik maupun psikis bagi warga terdampak.

Longsor Sumedang dengan lima korban jiwa meninggal pasti akan berdampak buruk dan meninggalkan taruma mendalam bagi warga terdampak, apalagi Garut yang dilanda banjir bnadang yang terparah sepanjang sejarahnya membuat 35 warga korban meninggal dunia serta 18 orang dinyatakan hilang dan tidak diketahui lagi rimbanya.

Kenyataan itu bukan hanya memberi trauma bagi para korban yang mengalami langsung efek bencana melainkan warga lainnya turut serta dihantui kekhawatiran sebab bencana bisa saja menimpa siapa saja dan kapan saja saat ini.

Belum kering luka bencana di Sumedang dan Garut, kini giliran Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Pangandaran juga menempatkan daerahnya sebagai salah satu terdampak bencana dengan berbagai bentuk  mulai banjir, longsor hingga tanah amblas...Sekali lagi kita hanya diminta Waspada dan selalu berdoa agar tidak ada lagi bencana menimpa kita...

Mungkin memang kita menjadi generasi yang mewarisi warisan kerusakan masa lalu pada alam, kemudian kita memang menjadi generasi yang pintas menambah kerusakan dari pada mengendalikan dan memperbaiki...Wallohu'alam... 

0 comments:

Post a Comment