Sunday, June 21, 2015

Ramadhan Itu Menahan Diri Bukan Menahan Lapar Saja...



Menahan rasa lapar dan haus hanya bagian kecil dalam proses menjalankan ibadah shaum Ramadhan, sebagaimana banyak dikemukakan oleh para Kiyai dan Santri dari berbagai komunitas muslim. Ceuk si Miun santri bolongkotan yang pernah nyantri disejumlah pondok pesantren terkemuka di Tanah Air menyindir kebanyakan orang yang saat ini berpuasa hanya sampai pada menahan lapar dan haus sementara inti dari Ibadah puasa dibulan ramadhan masih banyak dilupakan.

Salah seorang santri yang baru saja masuk pesantren penasaran dan bertanya pada si Miun...Ustadz Miun memangnya apa bedanya menahan lapar dan haus dengan menahan diri..?? si Miun seperti biasanya berlaga pintan dan sok Ustadz menjawab sambil agak sedikit angkuh, "jelas beda kalau cuma menahan lapar dan haus tentu saja mudah siapapun bisaa...Tapi kalau menahan diri rasa-rasanya kamu juga belum tentu sanggup nak"..Jawab si Miun membuat santri muda tersebut makin penasaran.

"Coba dijelaskan atuh tadz maksudnya apa saya makin penasaran neeh...tanya santri sedikit memaksa.

Si Miun dengan angkuhnya kembali menjawab jelas beda sekali atuh nak...kalau tidak percaya silahkan tanya Pak Kiyai-mu itu coba tanyakan apa inti dari Ibadah Ramadhan sepeti yang saya maksudkan tadi... 

Si santri makin gak ngerti dengan jawaban yang diberikan si Miun, "Yaa ampuun Ustadz Miun siapaun juga bisa kalau minta jawaban dengan bertanya pada Kiayi sepuhmah, ari Ustadz beloon nya minta ammpun deec", Gerutu si santri agak kesal dengan jawaban si Miun.

Naaah...itu jawabannya nak...gak salah kan saya bilang jika menahan diri jauh lebih susah dari sekedar menahan lapar dah haus. "bayangkan saja kamu baru menahan rasa kesal sama saya saja sudah sedemikian menggerutu..", Kilah si Miun memberikan penjelasan.

Si santripun akhirnya beristigfar jika memang benar, menahan diri dari berbagai perasaan menjengkelkan ataupun yang lainnya jauh lebih susah daripada sekedar menahan rasa lapar dan haus...***Bersambung

0 comments:

Post a Comment