Saturday, August 15, 2015

Merdeka Itu Harusnya Makmur Sejahtera



Mungkin memang cita-cita para leluhur kita pejuang kemerdekaan negeri ini dulu adalah berusaha sekuat tenanga bercucur darah dan air mata untuk merebut kemerdekaan ini, hanya satu kata kelah dikemudian hari dapat mempersembahkan negara merdeka ini kepada anak cucunya generasi penerus dengan makmur dan sejahtera.

Saya yakin seribu persen jika pendahulu kita para pejuang kemerdekaan, merebut kemerdekaan ini karena ingin anak cucunya lepas dari penjajahan dengan segala bentuknya dan menikmati kemerdekaan ini dengan kemakmuran dan kesejahteraan. 

Namun apa yang terjadi..?? Negeri ini baru dapat mensejahterakan segelintir orang dan memakmurkan beberapa lapisan atas saja, sisanya jutaan rakyat dinegeri yang katanya merdeka ini masih belum benar-benar merdeka jika parameternya merdeka itu Makmur dan Sejahtera.

Si Miun juga setuju jika merdeka terbebas dari belenggu penjajahan negara lain memang negeri ini sudah merdeka. Iya Merdeka baru dari kaca pandang merdeka lantaran tidak ada lagi tekanan perang atau apapun itu bentuk intimidasi dan paksaan dibawah kekuasaan negara lain dengan kekuatan militernya.   

Sementara dalam makna luas rasa-rasanya negara ini termasuk rakyatnya semua masih harus terus berjuang memerdekakan diri rakyatnya dari belenggu kemiskinan dan keterpurukan lantaran negara belum mampu memberikan jaminan hidup layak secara utuh bagi rakyatnya.

Jika setiap datang HUT kemerdekaan RI hingga usia 70 tahun ini masih juga mendengar rakyat menjerit tercekik kenaikan harga bahan pokok, petani menjerit kekeringan, pekerja meradang tidak pernah ada kenaikan gaji dan tunjangan tentu saja, merdeka yang sesungguhnya ini baru sebatas-angan-angan. 

Jadi bukan membesarkan seremonila hingga menghambur-hamburkan uang untuk seremonial mensyukuri lepas dari penjajahan 70 tahun silam yang sebenarnya harus kita besarkan, tetapi bagaimana membakar pratiotisme warganya agar berpikir ulet, bekerja cerdas dan keras serta menempatkan posisi kesetaraan sehingga negara besar ini benar-benar maju tdak lantas stagnan jalan ditempat dan ditempat jalan itu-itu saja padahal sudah jauh meninggalkan 70 tahun dari proklamasi kemerdekaan yang didengngkan Soekarno-Hatta kala itu.

Yuuk Mikir lagi...yuuuk...kenapa masih begini...meski ini sudah cukup lumayan tapi jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain didunia yang sama-sama merdeka pada era yang sama Indonesia terbilang masih jauh ketinggalan...Silahkan baca literatur negara-negara yang merdeka barengan Indonesia, mereka sudah melesat maju dan menjulang tinggi dideretan negar-negara maju dan bukan berada digrade tengah negara berkembang....duuuh...

0 comments:

Post a Comment