Thursday, April 2, 2015

Mengapa Harus Diblokir..?? Situs-situs Itu Simbol Keragaman



Sebaiknya tidak harus serta merta diblokir kemudia para pengelola kelabakan karena semua itu adalah bentuk kratifitas dan daya juang versi mereka dalam kerangka membingkai prinsif-prinsif dasar yang mereka yakini sebagai sebuah kebenaran. Negara dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informasi jangan menelan mentah mentah saran atau masukan dari  Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). Jika kebanyakan situs Islam kemudian langsung diblokir maka banyak pihak yang dirugikan rugi secara materi, rugi secara jalan komunikasi dakwah, rugi juga pemerintah semakin akan kehilangan wibawa dalam mata pandang umat Islam Indonesia.

Persoalan yang mengemuka saat ini terkait pemblokiran situs-situs Islam yang dinilai menyebarkan paham radikalisme, rasa-rasanya masih perlu dilakukan pengkajian dan penelitian secara seksama dan intensif yang melibatkan banyak pihak karena pemahaman radikalisme kemudian penyebaran dasar-dasar Islam sangatlah luas dan dalam sehingga tidak bisa diklaim sepihak sebagai sebuah pemicu munculnya radikalisme..

Belum masuk pada akal dan logika umat Islam secara keseluruhan, ini masih memerlukan pendalaman dan pemahaman yang konperhensif tentang islam itu sendiri. islam itu kadang memang keras tapi juga kadang lemah lembut dalam konteks penyampaian ajaran-ajarannya, ini fakta dalam berbagai litelatur yang dapat dengan mudah kita jumpai dalam ajaran islam.

Saran Si Miun pemerintah itu jangan terlalu reaktif dalam urusan-urusan yang menyangkut keyakinan waganya, ini perlu "Tabayyun", perlu pembicaraan yang mendalam, perlu pengkajian yang menyeluruh sebelum tindakan itu dilakukan karena semuanya berimplikasi sosial yang rentan dijadikan komoditi politik serta komoditi adu domba bagi pihak-pihak yang sedang memancing diair keruh.

Lakukan kebijakan yang berpihak dan berpijak pada semua kaki agar tidak ada yang merasa terdzolimi dan terdiskriminasi. Lakukan langkah-langkah proaktif yang solutif dan tidak emosional buta membabi buta tanpa menyadari ada dampak luar biasa dibelakang kebijakan itu semua.

Mengapa harus langsung diblokir jika ada langkah lain yang lebih arif dan bijak sana, misalnya berikan peringatan dan teguran yang sopan dan santun jika memang ada termuat tulisan atau paham yang tidak sesuai dengan etika kebangsaan dan dapat merusak NKRI, itu bisa dilakukan dengan diskusi dan sharing pemikiran dari para cerdik pandai negeri ini yang ahli dan menguasai bidang itu...         

0 comments:

Post a Comment