Wednesday, January 21, 2015

Susahnya Jadi Pemimin "Meri"



Tampak mudah dan kelihatan gampang-gampang saja tuh...Padahal hesena beak karep etateh sok teu percayamah tanyakeun kanu pernah jadi pamingping rek dimana wae rek mingpin naon wae...Dewek oge pernah mingpin Meri alias Bebek nepika ratusan jumlahna edas hese kacida, eta palebah ngagiring kahiji lokasi neangan hakaneun nana da susah kacida anu ieu hayang ka balong nu ieu hayang kadarat nu ieu lumpat kana pabinihan batur jeung rea-rea deui tingkahna matak kesel matak aral lamun teu ras kana tugas jeung kawajibanmah hayang mencit weeh eta meri teh.

Tah jigana pola memimpin bangsa juga tidak akan jauh seperti itu, Ketika pemimpin berusaha menggiring warganya pada satu pola pemikiran yang sama maka rea pisan anu pasaliana, aya anu nurut tur manut, aya oge anu lelewodeh hese lunca linci luncat mulang embung ngahiji nepatan jangji, aya oge anu hare-hare kuma aing weh....rea rupana macem-maccem kawas patlot gambar.

Menyoal kepemimpinan memang gampang-gampang susah sehingga lahirlah rumusan teori kepemiminan termasuk aya sababaraha gaya kepemimpinan itu, semua berdasarkan pada pengalaman dan gaya memimpin dari para pemimpin besar dunia. Tentu saja untuk membantu memjawab problematika dalam memimpin.

Setiap pemimpin memang mempunyai gaya dan karakternya sendiri-sendiri tergantung latar belakang serta kepribadian yang bersangkutan. Semuanya akan sangat mudah dikenali asal semuanya memiliki kaca pandang yang sama, namun dalam kenyataannya kini memang agak sulit untuk memandang sama terhadap salah satu sosok pemimpin kita saat ini baik dilevel daerah maupun pusat sekalipun.

Mengapa..?? Jawabannya banyak variabel, bisa jadi karena pemimpin saat ini orinetasinya sudah jauh berbeda dari harapan masyarakat yang mendambakan pemimpin sejatinya pemimpin, atau juga karena masyarakat yang dipimpinnya memang susah diatur dan tidak mau diatur...

Tapi berkacalah pada kelompok bebek bebek itu, meski susah diatur tapi  pada suatu waktu masyarakat bebek malah jauh lebih mudah diatur daripada kamunitas manusia yang punya akal dan kemampuan lebih diatas segala makhluk yang ada. Atau  mungkin karena kamuniatas manusia yang kaya ragam dalam pola pikirnya sehingga begitu sulitnya untuk dipimpin.

Telpeas dari itu semua biarkan saja air mengalir pada arusnya, api menyala dalam takarannya serta matahari bersinar pada aturannya. Skenario Tuhan memang Maha segalanya cuuu...Pokokna ulah kawas si Miun pinter milih pamingin tapi teu pinteur palebah dipingpin, hayangna ngeundeuk-ngendeuk jeung nurunkeun bari cantangtu inyana oge mampu lamun kudu mingpim ieu nagri, eta kalakuan si Miun mah boro-boro mingpin jalama rea, mingpin dirina soarangan oge rangsak jeung rangsak wae gawena teh... 



 

0 comments:

Post a Comment