Sunday, February 22, 2015

"Amazing Garut", Sudah Saatnya Sok Geura Deer...



Hallo Garut...!!!

Pembaca yang Budiman...!!!

"Amazing Garut", ini tema luar biasa, jika saja benar-benar terimplementasi pada realisasi visi-misi kepemimpinan Bupati Garut Rudy Gunawan- Helmi Budiman, sepertinya memang Garut ini sudah Amazing  Banget.

Mulai didengungkan seiring Hari Jadi Garut ke 202 Tahun, semangat itu pula kemudian yang diusung untuk menyambut Kabupaten Garut kedepan agar benar-benar menjadi Kabupaten Garut yang luar biasa dan minimalnya maju atuhlah tidak jalan ditempat atau malah mundur. 

Kalau mundur sepertinya tidak mungking kecuali ada mesin waktu membalikannya itupun hanya dalam film dan cerita fiktif belaka. Sementara berbicara Garut saat ini dan kedepan benar-benar riil dan tidak bisa dikatakan, tidak harus iya. "Catat Harus Iyaa...", mengapa ? memang sudah waktunya Garut dalam beberapa periode yang lalu sepertinya selesai tidur dan kini saatnya dibangunkan supaya tidak ketinggalan.

Setelah pelan-pelan keluar dari belenggu tertinggal dan sebagai daerah berpotnsi maju, setelah sebelumnya menjadi objek dan bulan-bulanan menteri Peningkatan Daerah Tertinggal, kini saatnya merubah image menawarkan wajah baru yang benar-benar membuat orang Garut yang merantau diluar saat kembali ke Garut layak mengatakan "Amazing Garut", jangan sebaliknya nanti malah di buli saat orang Garut anu nyaraba jauh dilembur batur balik ka Garut malah kembali bertanya Amazing apanya Garut?? masih biasa-biasa aja tuch...Nah yang luar biasanya manaaa?? 

Mungkin nanti Pusat Kota bersih dari PKL, ada tampilan baru di alun-alun Garut, atau jalur angkot yang pabaliut mulai ditata ulang biar tidak sembrawut, atau ada prestasi membanggakan jika sepersekian warga Garut yang dulu kesulitan menikmati infrastruktur yang tidak kunjung membaik kini saatnya berubah. Jalan-jalan memang harus diperbaiki, tidak boleh lagi ada jembatan yang asal-asalan (maksudna asal jembatan paduli tina awi oge), Irigasi harus mulai diperbaiki, sungai dirawat dan dilestarikan, hutan kembali ditanami dan masyarakatnya disadarkan jika "Garut ingin Amazing", ya harus satu hati satu jiwa dan satu perasaan membawa Garut pada perubahan.

Yakin ceuk Abah-mah- Amazing Garut kalau hanya ada pada wacana elit semata tidak akan terwujud, Komo bari pejabat kakatuhu ngabangun gundukan, ari rahayat kawetan ngaruksak anu lian pan tidak sejalan istilahna pasalia teu sairama teusaarah, maka susah mewujudkan harapan Garut maju, Garut membanggakan    makin sulit dijangkau.

Saat ini memang yang harus dibangkitkan bukan hanya, mental pejabat yang kadang ngoyo dan olo-olo tetapi juga mental rahayat yang kadang serba ingin mudah dan melepaskan tanggung jawab da bongan geus mayar pajak. teusalah eta oge da bongan pamarentahna baheula kitu mirucaan rahayat jadi acuh jadi ogoan jadi babarian, embung mandiri jeung embung usaha maksimal lamun euweuh batian. 

Ini akibat dari kendornya kesejahteraan rahayatna. Sebab rakyat dihadapkan pada keadaan dimana serba sulit serba duit sementara sumber datangnya keuangan amat sangat terbatas dan susah dicari makanya ikut-ikutan korupsi. 

Mangga bandungan geura...jatah raskin, masih diusik, jatah pajak ditewakan, subsidi jeung sagala anu patali jeung duit selalu ada korupsi dan ini yang secara tidak langsung membuat rakyat kita makin frustasi dan ikut-ikutan bermental epesan tur babarian.

Balik lagi lagi untuk "Amazing Garut", maka geus manjing jika paradigma yang ada dibenak para pejabat para abdi negara dikembalikan pada peran dan fungsinya. demikian juga rahayat saatnya kembali memahami jika partisipasi dalam pembangunan bermakna ikut mensukseskan bukan merecoki, beri kesempatan bagi para penyelenggara negara agar dapat mewujudkan visi misinya, bantu agar benar-benar terwujud harapan kita semua.

Naah..jika belum terwujud juga baru ditanyakan apa yang menjadi kendalanya..gampang-gampang aja ko jadi rakyatmah...Jadi pejabat memang berat tapi pan bongan saha atuh hayang jadi pejabat, jika memaknainya untuk mengabdi ya wayahnya harus mewakafkan benar-benar ikhlas dan rido, bukan berharap pamulangan atau paleuleuwih dari setiap guliran program....

Selamat..!! Amazing Garut harus diwujudkan, bisi ditagih dikemudian hari oleh anak cucu kita kelak....Tunjukan Amazing Garut itu sesungguhnya Apa.? selamat mejalankan tugas mulia tuan-tuan..!!

0 comments:

Post a Comment