Monday, February 23, 2015

Geliat Investasi Kota Intan, Harus Dihadapi Dengan Kesiapan


Hallo Garut..!!

Pembaca yang Budiman...!!

Akselerasi untuk mendatangkan investasi ke Kabupaten Garut memang sedang dilakukan serius Bupati Garut Rudy Gunawan saat ini, hasilnya memang telah mulai terlihat ada sejumlah bangunan pabrik mulai meregulasi banyak pendapatan juga menyerap lumayan banyak tenaga kerja. Demikian juga disektor pariwisata tumbuh dan terus berkembang mulai hunian berupa hotel berskala bintang mulai terlihat bermunculan menghiasi indahnya sudut-sudut alam yang asri dan elok yang dimiliki Garut selama ini.

Retail modern, restoran siap saji juga tidak kalah telah membuka lapak dan melengkapi denyut pusat kota yang kian hari gian bergeliat baik dari aspek pergerakan roda ekonomi, maupun dinamika sosio kultur yang juga mulai melek akan berbagai tampil baru dan mulai bersahabat dengan warganya. Jika dulu mencari makanan Amerika yang naman Pizza Hut harus kepuser dayeuh Bandung kini sudah ada dijantung Kota Garut, demikian halnya dengan Ayam Goreng kentucky yang dulu amat sangat susah didapat, kini telah berada dekat dengan jendela rumah warga boleh deliveri order boleh juga pesan ditempat makan nikmat.

Tempat-tempat hiburan yang mulai mengikuti trend kota-kota besar juga mulai muncul menjadi tempat tongkrongan baru warga kota yang mulai merubah pola merubah kebiasaan gaya hiburan dan liburan. Sabtu Sore hingga Minggu pagi sudah benar-benar dimafaatkan utuk refreshing mencari angin menghirup udara segar bersamaan dengan para pendatang dari kota tetangga yang ingin menikmati liburan mengesankan disejumlah kawasan destinasi wisata Garut yang makin imut-imut.

Ini memang kemajuan yang harus diakui sebagai sebuah terobosan, terlepas akibat dari upaya pemerintah atau akumulasi dari perkembangan dinamika masyarakat Garut yang makin hari makin maju dan mampu.

Saat ini yang perlu kita cermati bersama adalah membuat rumusan untuk meminimalisir dampak yang akan mengekor dibelakang tumbuhnya investasi. Mau tidak mau, peningkatan tarap hidup masyarakat biasanya berimbas pula pada pola dan gaya hidup yang akan ikut juga berubah terlepas berubah positif atau tentu saja ada sisi negatifnya. Tugas kita mulai berhati-hati memagari berbagai kemungkinan yang akan terjadi mulai dari penyimpangan kebiasaan serta dampak jangka panjang terjadinya kerusakan ekosistem yang harus mulai diwaspadai agar alam dengan kemajuan yang ada tetap seimbang.

Jika geliat tumbuhnya dunia pariwisata biasanya diiringi pula dengan menjamurnya perilaku penjaja cinta itu memang fakta, yang nantinya menjadi problem dikemudian hari bahkan kini juga telah terjadi. Lain-lainnya memang banyak juga semisal penyimpangan-penyimpangan lain yang kadang tidak bisa diprediksi dengan begitu saja...ini mata rantai dan membentuk siklus yang melingkar terkait satu sama lainnya.

Kewaspadaan untuk memagari berbagai kemajuan yang kini mulai terasa dan makin mendekati kita, seyogyanya disikapi dengan berbagai persiapan yang benar-benar mapan sehingga penyimpangan lain yang terjadi dampak dari dinamika kemajuan daerah ini tidak lantas membuat kita kelimpungan dikemudian karena tidak bersiap-siap sejak dini....    

0 comments:

Post a Comment